Rabu, 06 April 2011

Tips Aksi Penghijauan Di Kampus


Saat ini kondisi udara dibumi semakin mengkhawatirkan. Keadaan ini tentunya berdampak pada semua penduduk dan makhluk hidup yang ada di bumi. Kita sebagai penghuni tetap dibumi ini, sudah selayaknya untuk terus berusaha mencegah dampak negatif tersebut dan memperbaiki kearah kondisi yang lebih baik, dengan cara sebagai berikut :

1) Jaga Kebersihan Sekolah
Mulailah dari diri sendiri dengan selalu membuang sampah pada tempatnya. Jika melihat ada sampah yang berserakan misalnya kertas, tisu, plastik bekas makanan dan lain sebagainya tidak ada salahnya kita memungut sampah tersebut dan membuangnya ke tempat sampah.
2) Memaksimalkan fasilitas kebersihan
Saat ini sudah banyak tempat-tempat sampah yang dibedakan tempat pembuangannya berdasarkan jenis sampah. Ada sampah organik (sampah basah) dan sampah anorganik (sampah kering). Maksimalkan fasilitas itu dengan mentaatinya. Selain membantu lingkungan, kita juga membantu petugas kebersihan dan mempercepat proses pemilahan sampah yang terkumpul.

4) Naik Sepeda ke Sekolah
Untuk yang tinggal dekat sekolah, kita bisa berkonstribusi dengan menyukseskan program “naik sepeda ke sekolah”. Istirahatkan mobil dan motor dan mulailah bersepeda menuju sekolah. Selain membuat lebih sehat, kita juga bisa mengurangi polusi dan yang lebih penting tentunya menghemat uang saku.

5) Membuat Papan Himbauan
Buatlah papan himbauan dengan desain yang menarik. Misalnya jangan buang sampah sembarangan, matikan lampu jika tidak terpakai, pakai air seperlunya. Tempel himbauan-himbauan itu di tempat-tempat yang strategis.

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | free samples without surveys