Sabtu, 02 April 2011

Sekolahku Hijau Dan Asri

        Agar lingkungan sekolah bisa lebih hijau dan asri agar perubahan kondisi lingkungan tentunya tidak akan berpengaruh buruk terhadap manusia,  Apalagi beragam bentuk kerusakan lingkungan, seperti pencemaran udara, banjir, longsor, kebakaran hutan dan krisis air bersih.

Hal ini dipastikan akan dapat berdampak pada buruknya kondisi lingkungan, khususnya bagi kesehatan masyarakat itu sendiri. Untuk mencegah terjadinya hal-hal yang buruk, maka kita harus menjadikan sekolah tempat kita belajar tampak lebih asri.

       Sutan Nasution mengatakan bahwa manusia memang terkadang tenggelam dalam rangkaian kegiatan yang terlalu berlebihan dan tidak memperhatikan kepentingan lainnya. Kurangnya kesadaran masyarakat dalam menata dan memelihara kelestarian lingkungan, telah mengakibatkan kemerosotan kualitas lingkungan yang begitu parah.
Hal ini hendaklah menjadi perhatian pihak sekolah khususnya dalam memberikan pembekalan ilmu kepada siswa tentang pentingnya menjaga lingkungan. Sehingga, dimasa-masa yang akan datang, negeri ini akan terhindar dari segala bentuk berbagai kerusakan lingkungan
.
"Kalau siswanya sudah memiliki pengetahuan tentang lingkungan maka mereka akan mampu  menciptakan dan membangun budaya hidup dalam berwawasan lingkungan. Apalagi, siswa-siswi kita ini di lingkungan tempat tinggal mereka adalah lingkungan pertanian. Jadi, di sekolah kita berikan pengenalan yang lebih tentang pertanian yang arahnya kepada pelestarian lingkungan menjadi asri," paparnya.

Maka dari itu, tambah Sutan Nasution, di sekolah yang ia pimpin ini memberikan tambahan pelajaran yang dimasukkan kedalam muatan lokal (mulok). Yang salah satunya, pelajaran pertanian. Pertanian ini sama dengan mengajarkan ataupun menggalakkan penghijauan kepada siswa di sekolah.
Pola pendidikan melalui berbagai penyuluhan-penyuluhan tentang pentingnya menata dan memelihara kelestarian lingkungan hidup, sangat penting diberikan kepada siswa.
   
"Intinya, kita membangun kesadaran siswa agar bisa menjaga lingkungan sekolah dan sekitarnya tetap asri. Apalagi, yang kita ditanam di sekolah hasil pertanian yang sangat bermanfaat. Seperti, daun sere, jagung, ubi dan lainnya yang masih akan kita tambah lagi," ujarnya.
Dengan demikian, lanjut Sutan Nasution, pengggalakan penghijauan di lingkungan sekolah akan membangun kesadara siswa untuk memiliki wawasan lingkungan yang luas. Dengan harapan, mereka akan mampu menjaga lingkungan benar-benar terhindar dari berbagai kerusakan.

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | free samples without surveys